7 Cara Praktis untuk Membuat Tulisan Menarik



7 Cara praktis untuk membuat tulisan menarik
InfoBekasi.web.id - Beberapa studi ilmiah yang pernah dilakukan beberapa waktu yang lalu menunjukan bahwa kebanyakan para pembaca melakukan scanning text terlebih dahulu sebelum membaca suatu tulisan secara keseluruhan, sehingga kita sebagai penulis harus pintar pintar membuat suatu tulisan menarik pada pandangan pertama. Dalam dunia blogger banyak sekali informasi yang didapatkan secara cepat dan mudah sehingga tidak ada masalah bagi pembaca apabila melewatkan artikel kamu yang dirasa kurang menarik untuk dibaca. Oleh sebab itu saya mencoba membuat tips untuk dapat kamu coba untuk dijadikan masukan ide yaitu 7 cara praktis untuk membuat tulisan menarik sehingga pembaca tidak melewatkan artikel kamu begitu saja.

MENARIK PERHATIAN PEMBACA
Biasanya pada terdapat unsur WOW pada judul bacaan, judul artikel hiperbola ternyata lebih banyak dibuka dan diminati oleh pembaca dunia maya. Terlebih artikel tersebut belum pernah dipublish sebelumnya atau artikel yang berisi mengenai sesuatu hal yang heboh. Misalnya "Menakjubkan! Gadis ini bisa makan 5 mangkok mie sekaligus". Mengkonsumsi 5 mangkok mie instan bagi seorang gadis merupakan suatu hal tak lazim, karena biasanya wanita hanya makan sedikit saja tidak seperti pria.

LANGSUNG KEPADA TUJUAN ARTIKEL
Pembaca biasanya kurang menyukai artikel dengan isi terlalu bertele-tele atau terlalu banyak basa-basi diawalnya, sehingga membuat mereka bosan untuk membaca. Jangan sampai pada pembukaan tulisanmu membuat mereka tidak tertarik dengan info yang akan kamu berikan atau mereka berfikir bahwa tulisanmu bukanlah yang mereka cari karena terlalu banyak bumbu diawal tulisan. Berikanlah kerangka tulisan dari awal hingga akhir kesimpulannya. Pastikan artikel kamu berisi informasi padat dan jelas, tidak hanya mengejar kata saja.

BERIKAN SPASI!

Tulisan yang terlalu padat dan kurang jarak satu dengan yang lainnya, biasanya akan membuat mata pembaca menjadi sakit. Apalagi kalau tulisan kamu tidak beraturan antara titik, koma, spasi dan kata sambung yang kurang tepat. Berikanlah tanda bullest atau panah untuk memberikan tanda khusus pada rincian penjabaran tulisanmu, sehingga pembaca bisa memahami maksud dan tujuan dari tulisan kamu.

BERFIKIR BERBAGAI SUDUT PANDANG
Satu hal yang menarik disini adalah apabila kamu membahasa suatu masalah, tentunya akan terdapat pandangan berbeda dari fikiran kamu sebagai penulis dan juga fikiran orang lain sebagai pembaca. Agar fikiramu dapat mempengaruhi pembaca, hal dapat kamu lakukan adalah menyamakan frekuensi fikiran kamu dengan pembaca yaitu dengan cara mencoba mencari sudut pandang lain. Kamu bisa memasukan sudut padang kamu pada akhir kesimpulan, sehingga pembaca dapat memahami tujuan sebenarnya dari tulisan kamu dengan sudut pandang yang berbeda dari mereka.

KENALI TIPE PEMBACA
Suatu website atau blog biasanya memiliki kategori khusus, dalam dunia SEO biasanya disebut dengan istilah niche. Misalnya kamu memiliki website dengan niche kesehatan, kamu harus mencari tahu masalah kesehatan atau produk kesehatan seperti apa yang diingikan oleh pengunjung blog atau website kamu. Perhatikan posting artikel kamu pada google webmaster atau analytics dari google. Selalu lakukan monitoring artikel mana saja yang banyak dikujungi oleh visitor, sehingga kamu dapat mengetahui jenis game apa saja yang diinginkan pembaca.

GUNAKAN BAHASA YANG BAIK DAN BENAR
Biasanya kita sering kali menyingkat kata, hal tersebut diperbolehkan namun sebaiknya gunakanlah singkatan yg masih lazim atau sering terdengar / digunakan. Menulis suatu artikel tidaklah sama seperti menulis untuk SMS. Oleh sebab itu PEMILIHAN KATA sangat diperlukan untuk membuat pembaca terkesan dengan tulisan kamu. Sesuaikan gaya tulisan kamu dengan pembaca kamu, tidak memilih kata yang berat apabila pembahasannya bukanlah untuk karya ilmiah.

SEOLAH SEDANG MENGOBROL
Pahamilah sisi psikologi dari pembaca kamu, gunakan daya khayal kamu untuk memahami pembaca agar seolah kamu sedang mengobrol dan menjelaskan sesuatu kepada pembaca secara langsung. Sehingga pembaca tidak merasakan ada jarak pada saat membaca tulisanmu.

Itulah sedikit tulisan dari saya yang tentunya masih terdapat kekurangan didalamnya, saya juga meminta masukan dari pembaca mengenai tulisan saya ini. 7 Cara praktis untuk membuat tulisan menarik diatas bukanlah hal yang baku, namun semua tergantung individu dan gaya tulisan masing-masing. Apabila kamu mempunyai kritik atau saran, silakan tulis komentar pada form komentar dibawah ini.

Komentar Anda?
Silakan bagikan informasi ini apabila bermanfaat.

Bisnis Rumahan