Cara Merawat Rambut Kering dengan 5 Bahan Alami

cara merawat rambut patah dan kering
image : theliquidsalon.com
Sebagai mahkota, keindahan rambut harus senantiasa terjaga. Terlebih bagi seorang wanita, rambut yang indah dan sehat bisa membuatnya tampil cantik dan percaya diri. Namun karena faktor tertentu, terkadang rambut mengalami beberapa masalah sehingga sulit diatur. Masalah yang paling sering terjadi pada rambut yaitu rambut kering sehingga membuatnya tampak mengembang dan jelek.

Cara merawat rambut kering membutuhkan perhatian khusus. Sebab dengan kondisi rambut yang kering, maka akan menyulitkan kita ketika menata rambut. Karena itu, sebisa mungkin kita harus mengembalikan kelembaban alami rambut agar mudah ditata.

Penyebab rambut kering:
  • Paparan sinar matahari yang bisa membuat rambut kotor, kering dan rusak
  • Alat pengering rambut/hair dryer
  • Efek kandungan klorin pada kolam renang
  • Karena faktor dari dalam
  • Dan masih banyak lagi
cara merawat rambut lurus kering dan patah
image : huffpost.com

Dari beberapa hal yang bisa membuat rambut keriting di atas, mana yang terjadi pada Anda? Sebisa mungkin, hindarilah hal-hal tersebut atau meminimalisir efeknya agar rambut senantiasa terjaga.

Cara Merawat Rambut Kering

Salah satu cara mengatasi rambut kering yang terbaik yaitu mengembalikan kelembaban alami rambut itu sendiri. Dengan bahan alami, perawatan rambut kering akan semakin maksimal. Sebab bahan alami untuk merawat rambut tidak memiliki efek samping apapun sehingga rambut tetap sehat dan cantik. Apa saja bahan alami yang bisa digunakan tersebut? Ini dia:
  • Minyak zaitun
Sudah dikenal manfaatnya untuk merawat rambut sejak lama. Minyak zaitun juga mampu memberikan kelembaban alami pada rambut yang kering. Minyak zaitun ini sangat baik untuk pertumbuhan rambut. Untuk bisa menggunakan minyak zaitun dalam perawatan rambut kering, caranya dengan mengoleskan minyak ini pada rambut yang telah dibasahi. Oleskan minyak zaitun secara merata pada rambut dan kulit kepala, boleh juga sambil melakukan pijatan lembut untuk merelaksasi kulit kepala. Setelah sekitar 1 jam, bilaslah rambut menggunakan shampo.
  • Buah alpukat
Buah ini bukan hanya berkhasiat ketika dimanakan. Tetapi bisa juga menjadi makanan rambut agar kondisinya kembali normal dan terhindar dari masalah kekeringan. Cara penggunaannya juga tidak sulit, hanya dengan mengambil daging alpukat kemudian dihaluskan dan oleskan pada rambut. Setelah rata, biarkan kurang lebih setengah jam agar nutrisinya meresap ke dalam rambut. Barulah dibilas dengan berkeramas.
  • Madu murni
Secara alami, madu sangat baik untuk memberikan kelembaban pada rambut. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa tetes madu dan air. Campurkan keduanya dan gunakan pada rambut dan kulit kepala secara merata. Biarkan beberapa saat dan barulah dibilas hingga bersih.
  • Putih telur
Mungkin Anda tidak tahan dengan bau amis putih telur. Tapi untuk sementara Anda harus bisa menahannya agar bisa memiliki rambut yang indah dan cantik. Cara merawat rambut kering dengan putih telur cukup dioleskan pada rambut secara merata. Biarkan meresap selama beberapa saat. Kemudian bilas menggunakan shampo agar bau amis telur bisa hilang. Jika dilakukan dengan teratur, cara ini sangat ampuh untuk atasi masalah rambut kering.
  • Tepung minyak kelapa
Ambil satu sendok minyak kelapa dan tepung. Kemudian oleskan campuran kedua bahan tadi pada rambut Anda secara merata. Diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air dan shampo hingga bersih. Jangan sampai ada sisa tepung yang masih menempel pada kulit kepala.

Itulah beberapa cara merawat rambut secara alami yang bisa Anda coba. Selain melakukan cara-cara tersebut, penting juga untuk memilih jenis shampo yang tepat untuk rambut kering. Cukupi juga kebutuhan nutrisi dan gizi tubuh, sebab kesehatan tubuh yang baik juga berpengaruh terhadap kondisi rambut.

Komentar Anda?
Silakan bagikan informasi ini apabila bermanfaat.

Bisnis Rumahan