10 Langkah Mudah Untuk Menghilangkan Jerawat Secara Instant

obat jerawat alami
ilustrasi jerawat image by stylecraze
Kulit wajah merupakan bagian yang dapat dikatakan paling sensitif dibandingkan kulit pada bagaian tubuh lainnya. Permasalahan yang sering dihadapi adalah jerawat. Jerawat merupakan masalah utama pada masa pubertas pada sebagian wanita di Indonesia, karena pengaruh hormon saat masa pubertas dapat menyebabkan produksi minyak wajab berlebih.

Selain itu sulitnya menghilangkan jerawat dan bekas jerawat menjadi momok tersediri pada remaja di Indonesia, suatu penelitian mengungkapkan bahwa 6 dari 10 remaja di Indonesia memiliki masalah jerawat pada masa pubertas, sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan masalah tersebut. Ada baiknya kamu harus tahu apa sih penyebab jerawat itu?

Masalah utama yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat biasanya terjadi karena faktor perubahan hormon pada masa pubertas, selain itu polusi dan debu juga dapat memicu timbulnya jerawat apabila kita tidak rajin membersihkan wajah. Oleh sebab itu bagi kamu yang sering beraktifitas di luar rumah sebaiknya lakukan perawatan wajah dengan cara membersihkan wajah setiap hari setelah kamu beraktifitas seharian.

Bagaimana caranya agar wajah kamu bersih dari jerawat? Simak tipsnya berikut ini :
Bersihkan Wajah Secara Rutin
Seperti yang telah disampaikan diatas bahwa penyebab utama masalah jerawat adalah debu dan kotoran. Dengan rajin membersihkan wajah 2 kali setiap hari pada pagi dan sore hari bisa membantu kamu untuk mengangkat sel kulit yang telah mati, mengangkat kotoran dan membersihkan minyak berlebih pada wajah.
Kamu bisa menggunakan air hangat dan sabun pembersih wajah yang biasa kamu gunakan, ada baiknya kamu tidak menggunakan sabun yang terlalu keras jika digunakan pada wajah karena pada beberapa jenis kulit, sabun yang terlalu keras dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada wajah. Sehingga apabila terdapat jerawat pada wajah kamu, hal tersebut dapat memperparah keadaan jerawat diwajah. Bersihkan wajah secara lembut dan keringkan dengan handuk bersih secara perlahan agar jerawat tidak pecah atau luka.

Menggunakan Pelembab Wajah
Pada sebagaian obat jerawat memiliki kandungan bahan bahan yang dapat membuat kulit wajah menjadi kering, terutama bagi kamu yang memiliki jenis kulit sensitif tentunya dapat memperparah keadaan kulit wajah. Oleh sebab itu untuk menghindari kekeringan pada kulit wajah, kamu bisa menggunakan pelembab khusus untuk kulit berjerawat tentunya yang tidak terasa sakit saat digunakan pada bagian jerawat atau menyebabkan iritas.

Menggunakan Produk Penghilang Jerawat Khusus
Menurut sumber dari healtybeautycare.com salah satu langkah awal yang harus kamu lakukan adalah menggunakan produk obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid sehingga dapat membantu membunuh bakteri yang terdapat pada wajah. Kamu bisa menggunakan dengan dosis yang sedikit atau bisa disesuaikan dengan jenis kulit kamu.

Hindari Penggunaan Make Up Berlebih
Make up yang berlebih tentunya dapat memperparah jerawat diwajah serta juga dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat. Penggunaan bedak, foundation dan blush on dapat menyebabkan tertutupnya pori sehingga kulit menjadi sulit untuk mendapatkan oksigen dan tumpukan bekas make up yang menutup lubang pori dapat menyebabkan reaksi peradangan disebabkan oleh bakteri.

Menjaga Kesehatan Rambut
Banyak sekali yang tidak menyangka bahwa ada hubungannya rambut kamu dengan masalah jerawat diwajah. Jenis rambut berminyak dapat berpotensi menambah kandungan minyak diwajah serta penyebaran kuman pada kulit kepala. Sehingga potensi munculnya jerawat di wajah, jerawat dirambut, jerawat dipunggung lebih banyak terjadi pada jenis rambut berminyak dan kotor.

Kurangi Menyentuh Wajah
Saat kamu beraktifitas, tentunya banyak sekali kuman dan bakteri yang menempel ditangan. Oleh sebab itu cucilah tangan dengan sabun sebelum kamu menyentuh wajah terlebih pada saat kamu sedang berjerawat sebaiknya jangan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.

Gunakan Lotion Wajah Dengan SPF Tinggi
Lotion wajah berfungsi untuk membantu melindung kulit wajah terhadap dampak negatif dari matahari, sinar UV dapat menyebabkan peradangan pada kulit wajah kamu. Oleh sebab itu ada baiknya kamu menggunakan lotion wajah yang memiliki SPF 30 keatas agar kulit wajah kamu dapat terlindungi saat beraktifitas.

Makan Makanan yang Sehat Untuk Kulit

Kesehatan kulit juga perlu dijaga sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh kulit. Selain membersihkan wajah, kamu juga harus rajin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dengan kandungan vitamin E untuk memberikan nutrisi kulit dan terhindar dari jerawat.

Olahraga Secara Rutin
Olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan termasuk kesehatan kulit. Tubuh yang berkeringat akan mengeluarkan kotoran pada pori kulit sehingga pori kulit dapat bernafas dan bersih dari kotoran. Dan perlu diingat, kamu juga harus membersihkan kulit dari keringat atau minyak pada kulit dengan menggunakan sabun pembersih.

Kurangi Stress
Salah satu penyebab perubahan pada hormon wanita biasanya disebabkan oleh stress yang muncul akibat terlalu banyak fikiran. Tidak ada salahnya kamu meluangkan waktu untuk berlibur bersama keluarga agar fikiran menjadi lebih fresh dan mengurangi stress sehingga wajah kamu jadi bisa terbebas dari jerawat.

Demikian 10 Langkah Mudah Untuk Menghilangkan Jerawat Secara Instant yang dapat kami informasikan, semoga dapat bermanfaat. Silakan share artikel ini agar teman dan sahabat kamu dapat mengikuti informasi dari kami.

Komentar Anda?
Silakan bagikan informasi ini apabila bermanfaat.

Bisnis Rumahan