Begini Caranya Mendesain Rumah Minimalis dibawah 1Juta


Faktor biaya biasanya sering kali menjadi kendala kita untuk merenovasi ruangan, terlebih lagi jika adanya biaya tak terduga yang membuat pengeluaran atau budget renovasi menjadi jauh lebih besar. Berikut ini ada sedikit informasi dari LiveOlive yang dapat membantu Anda untuk mendesain interior rumah dengan harga dibawah 1 juta.

“Rumah-rumah dan apartemen yang dijual developer konsepnya seringkali diperuntukkan bagi ‘keluarga baru’ atau ‘pasangan baru’, keperluan (mereka) banyak sehingga rumah terasa sesak,” kata Bintang Gemilang, seorang desainer interior.

LiveOlive bertanya ke beberapa desainer interior tentang cara membuat sebuah rumah terlihat baru dan lapang, dengan anggaran maksimum Rp 1 juta per ruangan.

Ruang Tidur

Memiliki satu bagian yang menjadi pusat aktivitas, atau focal point, akan membuat sebuah ruangan terasa utuh dan menyatu. Jika tempat tidur adalah centerpiece di dalam kamar, pastikan saja semua elemen dekorasi di dalam kamar tersebut mendukung, dan bukannya bersaing dengan keberadaan tempat tidur.

Mengecat ulang kamar Anda adalah salah satu pilihan yang patut dipertimbangkan. Namun, pilih saja satu warna atau warna-warna monochromatic alias senada, untuk mempertahankan tema minimalis yang ingin Anda capai.

Dyana Arumdhani, seorang desainer interior dan pemilik Kioowood Furniture memperkirakan satu pail cat kualitas menengah akan menghabiskan sekitar Rp 500.000.

“Satu (kaleng) cat cukup untuk kamar minimalis dengan ukuran 3x3,” terangnya.

bantal kursiSebagai alternatif, Dyana menyarankan pemakaian vinyl setebal 2 milimeter untuk melapisi lantai kamar. “Satu juta rupiah cukup jika dipasang sendiri dengan lem kuning,” jelasnya, sambil menambahkan bahwa harga dan perawatan vinyl lebih murah dibandingkan parquet.

Kamar tidur Anda idealnya mencerminkan karakter Anda. Meletakkan beberapa bantal dengan motif favorit Anda bisa jadi aksen menarik. Bintang juga menyarankan untuk berekspresi melalui poster, lukisan atau foto sebagai sentuhan pribadi atau dekorasi. Akan tetapi, pastikan saja warna-warna dan desainnya tidak bersaing dengan focal point ruangan tersebut.

Perkiraan harga:
Cat tembok: Rp 500.000/ pail
Bantal bermotif: mulai Rp 60.000

Kamar Mandi

Menjaga kerapian adalah inti dari desain minimalis, dan kamar mandi adalah ruangan yang paling berpotensi untuk jadi berantakan! Tantangan dalam mendekor kamar mandi ialah banyaknya alat mandi dalam berbagai warna. “Pastikan produk-produk tersebut tersimpan ditempat yang tidak terlihat,” Bintang menyarankan. Menggunakan tempat penyimpanan dengan warna senada akan lebih baik untuk menjaga harmonisasi ruang kamar mandi.

Bintang juga menyarankan untuk meletakkan tanaman hijau di pot kecil agar membawa kesegaran di kamar mandi Anda. “Bisa tanaman segar atau sintetis,” ujarnya.

Bukan kamar mandi jika tidak memiliki cermin. Dyana melihat cermin memiliki potensi untuk dipermak sehingga kamar mandi Anda terlihat baru. “Cermin yang polos bisa diberi bingkai bahan MDF, yaitu serbuk kertas yang di- press,” tuturnya. Bingkai yang diukir dan dicat duco dapat mempercantik ruang.

“Harganya di bawah 1 juta tanpa cerminnya,” katanya.

Perkiraan harga:
Bunga sintetis: sekitar Rp 50.000
Cermin kamar mandi: mulai Rp 195.000
Lemari dengan cermin: mulai Rp 355.000

Cermin bisa membuat ruangan terasa lebih nyaman dan lapang. Akan tetapi, Bintang mengatakan untuk tidak meletakkannya di dinding yang terkena sinar matahari, supaya Anda tidak terkena pantulannya saat berada di dalam rumah.

Bagi rumah minimalis, pemakaian gorden dapat tampak ‘memberatkan’. Bintang menyarankan mengganti gorden dengan warna lembut. “Atau ganti dengan blinds agar ruang terlihat lebih ringan,” katanya. Menurutnya, blinds alias tirai jadi bisa didapat dengan harga mulai dari Rp 150.000 per meter persegi dan mulai dari Rp 200.000 per meter persegi jika Anda membuat dengan spesifikasi khusus.

Perkiraan harga:
Tirai horizontal: mulai Rp 190.000
Gorden polos: mulai Rp 249.000

Dapur

Dapur memiliki banyak aspek fungsional, terutama jika digabungkan dengan ruang makan.

“Untuk mempercantik dapur, bukan dengan menambahkan aksesori, tapi dengan memastikan peralatan yang ada tersimpan dan tertata rapi,” tutur Bintang.

Peralatan yang tidak berantakan tentunya akan membuat dapur terlihat lebih luas dan nyaman. Desainer interior Maya Aachenita memberi ide untuk mencari storage box atau toples yang sesuai untuk konsep atau warna keseluruhan dapur.

Perkiraan harga:
Toples kaca: mulai Rp 49.900
Kabinet dinding dengan pintu: mulai Rp 500.000

Sumber : liveolive.com

Komentar Anda?
Silakan bagikan informasi ini apabila bermanfaat.

Bisnis Rumahan