Bentuk Rumah Panjang tapi Sempit? Begini Trik Mudah untuk Mendesainnya..

houzz.com

Memiliki rumah yang memanjang memang sangat sulit untuk mendesainnya karena ukuran yang tidak sama membuat kita harus benar-benar jeli untuk memilih desain interior yang tepat agar rumah tidak tampak sempit. Seperti yang dilansir oleh kompas.com Rumah yang ada di Washington D.C, Amerika Serikat, ini berukuran 83,6 meter persegi. Sebenarnya, ukuran rumah dua lantai tersebut cukup besar dan mendesain interior rumah ini seharusnya relatif mudah. Hanya saja, bentuk rumah ini ternyata tidak biasa.

Rumah tersebut berbentuk memanjang dan hanya memiliki lebar tiga meter. Kontributor Houzz.com, Mitchell Parker, mengatakan bahwa rumah ini dibangun pada 1700-an. Semula, rumah tersebut digunakan sebagai hunian pelayan di Washington D.C.. Ratusan tahun kemudian, sebuah keluarga dari Libya membeli rumah tersebut untuk mereka jadikan rumah peristirahatan.

houzz.com
Pada awalnya, rumah berbentuk memanjang ini berada dalam kondisi cukup buruk. Bagian interiornya gelap dan tampak penuh karena bersekat-sekat. Padahal, sumber cahaya hanya ada dari bagian depan dan bagian belakang. Untuk itu, arsitek yang bertugas membenahi rumah ini, Richard Loosle mengambil langkah drastis.

Loosle mengaku sering memperbaiki rumah berbentuk memanjang. Hanya saja, rumah dengan bentuk sesempit ini belum pernah dia kerjakan.

"Ini rumah paling sempit yang bisa Anda dapatkan," ujar Loosle.

Loosle kemudian mengubah pembagian rumah ini. Pertama, dia meruntuhkan partisi hingga membentuk ruang berukuran 3m x 12m. Kemudian, dia melakukan beberapa hal berikut ini. Pertama, Loosle membuat ruangan terasa lebih besar dengan "membuka" partisi dan membiarkan banyak sinar matahari masuk ke dalamnya.
houzz.com
Selain menggunakan lantai kayu untuk bagian yang sering dilalui, Loosle juga menggunakan lantai porselen berwarna gelap untuk bagian tangga. Dengan cara ini, dia membagi ruang menjadi "sisi dingin" dan "sisi hangat".

Kedua, Loosle memfokuskan diri pada pembuatan penyimpanan. Jika salah dikerjakan, penyimpanan yang ada di rumah memanjang justeru akan memenuhi rumah tersebut. Dia membuat rak buku setinggi hampir sama dengan plafon, 2,4m.

Ketiga, memastikan banyak cahaya dapat masuk ke dalam rumah. Jika cahaya alami tidak mungkin terakses, maka Loosle menggunakan banyak lampu-lampu LED yang dipasang dengan dimmer.

Keempat, Loosle "menyembunyikan" berbagai keperluan di dalam rumah ini. Loosle menyembunyikan lemari es, pantry, dan meja makan di dalam lemari. Jika diperlukan, lemari tersebut dapat dibuka dan digunakan sesuai fungsinya.
houzz.com
Ternyata, menyembunyikan barang-barang juga dia lakukan di kamar utama. Bagian bawah tempat tidur menjadi tempat ideal untuk menyimpan barang-barang.

Loosle juga melakukan hal cerdas lainnya. Selain menyembunyikan barang-barang, dia juga memastikan barang yang tampak tidak memblok penglihatan pemilik rumah. Misalnya, untuk pegangan tangga, dia menggunakan kabel.

Sementara cara kelima, Loosle menggunakan perlengkapan modern. Desain modern ternyata menjadi gaya yang tepat bagi rumah berbentuk mungil.

Demikianlah sedikit informasi mengenai bagaimana cara mendesain rumah memanjang agar tampak lebih luas dari ukuran sebenarnya, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Sumber : Kompas.com
Image : houzz.com

Komentar Anda?
Silakan bagikan informasi ini apabila bermanfaat.

Bisnis Rumahan